Misi Ganda

Prakata Dr. Charles F. Stanley

Jika saya bertanya, “Apakah misi gereja itu?” bagaimana Anda menjawabnya? Mungkin Anda teringat pada Amanat Agung—pergi dan jadikanlah murid di semua suku bangsa (Matius 28:19). Dan Anda benar. Namun bunyiayat itu selanjutnya juga merupakan bagian yang penting: “dan ajarkanlah mereka untuk melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.”

Tujuan gereja mencakup penginjilan dan juga pemuridan. Kita memiliki Injil keselamatan untuk disampaikan kepada dunia dan juga tanggung jawab untuk menolong orang percaya bertumbuh dalam kebenaran dan ketaatan.

Lalu, siapa yang mesti melaksanakan misi ganda ini? Banyak orang mengira tugas ini adalah tugas para pendeta. Memang, para pendeta memegang peran utama dan harus memberi teladan. Tetapi setiap orang Kristen juga memiliki tanggung jawab ini. Sebagian dari Anda mungkin lebih memiliki keterbebanan dan karunia untuk memberitakan Injil, sementara sebagian yang lainnya lebih memiliki kemampuan untuk menolong sesama orang percaya bertumbuh dalam Kristus.

Penginjilan seringkali sudah dipahami dengan baik, tetapi pemuridan, Anda mungkin masih bertanya-tanya. Pikirkanlah pemuridan itu semudah membagikan kepada sesama orang percaya apa yang sudah Anda pelajari dari Firman Tuhan serta penerapannya dalam hidup Anda. Atau seperti menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan pola pikir alkitabiah, yang merupakan pandangan Allah tentang suatu hal.

Pemuridan adalah sebuah tanggung jawab yang luar biasa dan membawa manfaat. Tetapi untuk dapat menolong orang lain bertumbuh dewasa, kita sendiri juga harus mendapat asupan rohani secara konsisten. Renungan-renungan bulan ini dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk bertumbuh setiap hari. Dan membagikan yang Anda dapatkan adalah satu cara untuk memulai memuridkan orang lain.