Tetap Terjaga Seperti Seorang Anak Kecil

Doa sebagai antisipasi

OlehChristie Purifoy

Sebagian besar dari kita mengunci pintu di malam hari. Beberapa dari kita memasang alarm. Tapi kita tidak lagi mengamankan tidur malam kita yang tenang dengan penjaga yang mondar-mandir di tembok yang tinggi. Tidak ada yang berpatroli di luar perkemahan kita. Tidak ada yang berjalan di benteng, tombak di tangan, selagi kita sedang bermimpi. Tidak ada yang menepuk bahu kita dan berbisik, “Bangun! Sekarang giliranmu untuk berjaga-jaga.”Dinding batu kami dekoratif. Bukit-bukit kita adalah tempat yang menyenangkan untuk piknik dan lintas alam. Tapi para penjaga di masa lampau tidak hanya mengawasi apakah ada ancaman. Mereka juga mengantisipasi garis horizon yang jauh. Mereka mengamati dan menunggu para pedagang membawa barang-barang bagus, pembawa pesan yang membawa berita gembira, atau orang buangan yang akhirnya kembali ke rumah.

Kisah-kisah yang saya baca untuk anak-anak saya setiap malam penuh dengan kisah penjaga — bertengger di pohon, berjalan mondar-mandir di dinding kastil, mengintip melalui teropong. Mungkin itu sebabnya anak-anak saya masih mempraktekkan seni berjaga-jaga yang telah hilang. Anak perempuan saya duduk lama di kursi dekat jendela dan matanya memandangi jalan. Sementara hujan mengotori jendela, dia menekan dahinya ke kaca yang dingin dan menunggu. Dia akan menjadi orang pertama yang memberi tahu kami saat Ayah tiba di rumah. Terkadang ketika saya sedang memotong bunga di seberang halaman dari jendela kamar putra saya di lantai dua, saya akan mendengar ketukan ketukan. Anak-anak lelaki saya berjejer di ranjang atas, menyaksikan dunia di bawah jendela mereka dan mengetuk demi meminta perhatian saya. Mereka melambai. Saya pun balas melambai.

 

Saya pikir para penjaga di masa lampau hanya menghuni dongeng dan fantasi anak-anak saya, tetapi baru-baru ini saya menemukan mereka ketika membaca kitab Yesaya: “Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran di bumi. (Yesaya 62:6-7). Namun, ini bukan kalimat bisu dari cerita pengantar tidur kami. Saya menutup Alkitab saya dan menundukkan kepala, tetapi sebelum saya mulai berdoa, sebuah pertanyaan muncul di benak saya: Bagaimana jika doa bukanlah sesuatu yang Anda lakukan tetapi tempat dimana Anda berdiri?

Bagaimana jika doa bukanlah sesuatu yang Anda lakukan tetapi tempat dimana Anda berdiri?

Kita tahu bahwa tempat-tempat yang paling tidak relevan untukmempraktikkan doa. Yesus sering menarik diri, mencari tempat yang tenang untuk berdoa. Dalam perumpamaan, Dia memuji si pemungut cukai yang tidak memperlihatkan dirinya ke depan seperti orang Farisi tetapi yang berdiri agak jauh, berdoa dengan kerendahan hati (Lukas 18:13). Dan Dia juga menasihati para pengikut-Nya untuk berdoa di “kamar” mereka daripada di depan umum (Matius 6:6). Tentu saja, tempat-tempat doa ini penting terutama karena sikap hati yang mereka pertahankan. Kita mencari tempat yang tenang karena, seperti Yesus, kita ingin sekali mendengar bisikan Bapa kita. Kita berdoa dalam privasi yang tersembunyi karena kita tahu doa tidak harus menjadi alat untuk meningkatkan status kita di mata orang lain. Tetapi bagaimana dengan para penjaga di kitab Yesaya? Bagaimana dengan mereka yang mondar-mandir di tembok tinggi, mengingatkan Allah akan janji-janji-Nya? Di atas tembok, postur doanya adalah dengan menunggu dan memperhatikan. Ini adalah doa sebagai antisipasi.

Ketika kita memandang doa sebagai sesuatu yang kita lakukandaripada untuk menunjukkan siapa kita, maka sulit untuk memahami perintah Alkitab untuk “berdoa tanpa henti” (I Tesalonika 5:17), apalagi mempraktikkannya. Sekalipun hal seperti itu mungkin terjadi, kita memberi tahu diri kita sendiri, betapa beratnya beban itu! Jika saya menutup buku cerita di malam hari dan berkata kepada putri saya, “Tolong berdoa tanpa henti,” dia mungkin bertanya dengan cemberut, “Haruskah aku juga menyikat gigiku tanpa henti?” Jika doa adalah sesuatu yang harus dilakukan, jika itu adalah hal yang perlu dicentang di daftar kita, maka hal itu mungkin nampak sama menariknya dengan menyikat gigi sepanjang malam.

Jika Tuhan kita telah membuat begitu banyak janji yang baik, dan jika kita percaya Dia telah menepati dan akan menepati setiap janji itu, apa yang menahan kita untukberdoa?

Tetapi doa sebagai antisipasi adalah sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Tidak hanya mungkin untuk mengantisipasi tanpa berhenti; itu adalah sesuatu yang dilakukan anak-anak saya secara alami pada hari-hari menjelang liburan musim panas atau Natal. Dan antisipasi akan hari yang istimewa adalah suatu kesenangan yang kita lakukan bersama. Saya menulis banyak daftar hal yang harus dilakukan pada bulan Desember, tetapi saya tidak pernah perlu mengingatkan diri saya sendiri, “Nantikan tanggal 25 Desember dengan gembira.” Ketika saya tenggelam dalam kesadaran akan musim natal, kegembiraan yang antisipatif itu mudah.

Jika Tuhan kita telah membuat begitu banyak janji yang baik, dan jika kita percaya Dia telah menepati dan akan menepati setiap janji itu, apa yang menahan kita untukberdoa? Apa yang menghalangi kita untuk mondar-mandir di tembok seperti penjaga, mengingatkan Tuhan akan janji-janji itu dan menantikan dengan sukacita untuk hari doa itu dijawab? Mungkin seperti terlalu banyak penjaga di sebelum kita, kita tertidur. Lelah dengan penantian panjang, kita tertidur. Mengabaikan pandangan yang jauh, kita menutup mata.

Mungkin inilah sebabnya Alkitab bergema dengan satu seruan nyaring: “Bangunlah!” Di Efesus, kita membaca: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.” (Efesus 5:14). Dalam pasal yang sama dimana kita diberitahu untuk “tetaplah berdoa,” kita juga membaca, “Jangankita tidur seperti orang-orang lain” (I Tesalonika 5: 6; I Tesalonika 5:17). Dan salah satu berkat terakhir yang diberikan dalam seluruh Alkitab adalah ini: “Berbahagialah dia yang berjaga-jaga” (Wahyu 16:15).

Yesus mengajar kita bahwa kita tidak dapat menerima kerajaan Allah kecuali kita menerimanya seperti anak kecil (Matius 18: 3). Menjadi seperti anak kecil berarti rendah hati dan sadar akan kebutuhan besar yang kita miliki, tetapi mungkin perbandingan Yesus juga mengundang kita untuk menghuni kembali dunia berjaga-jaga dan antisipasi yang biasa dilakukan oleh anak-anak. Jika doa adalah suatu tempat, itu adalah tempat yang luas dimana hal-hal baik dapat dilihat sekilas dari jauh.

Berbahagialah mereka yang berjaga-jaga dan menunggu, dengan wajah ditekan ke kaca jendela.

Berbahagialah orang yang membuka matanya lebar-lebar, karena mereka akan melihat Allah.